Rabu, 11 Januari 2012

Menghindari Kesepian Meski Suka Kesendirian

Ilmunuroja.com

Kesepian dan kesendirian itu berbeda. Kesendirian biasanya dapat menumbuhkan kreativitas dalam diri seseorang, sayangnya, kesepian bisa membuat kita merasa negatif, kritis, dan menghakimi.

Kesepian yang berlarut-larut akan mempengaruhi kesehatan, bahkan bisa mengakibatkan meningkatnya risiko kanker, stroke, ataupun penyakit jantung.
Selain itu, rasa kesepian juga dapat membuat orang kesulitan tidur dan memperlambat proses kesembuhan dari penyakit. Lebih parahnya kesepian juga membuat depresi yang meningkatkan risiko untuk bunuh diri.


sukague.com

Agar Anda dapat terhindar dari rasa kesepian, berikut beberapa cara paling efektif untuk menikmati kesendirian.

Kenali apa yang hilang dalam hidup Anda

Menurut pengalaman White, membuat banyak rencana dengan teman-temannya ternyata tidak mengurangi rasa kesepiannya.
“Yang saya inginkan adalah kehadiran yang tenang dari orang lain," katanya.
Ia mendambakan memiliki seseorang yang menemaninya beraktivitas di rumah. Semakin Anda memahami apa yang tidak Anda miliki, semakin besar jalan keluar yang bisa Anda temukan.

Menyibukkan diri

Salah satu cara termudah mengurangi kesepian adalah dengan menyibukkan diri. Merawat orang lain, entah itu dengan mengasuh anak atau keponakan, memelihara binatang, atau mengajar, akan membuat Anda sibuk sehingga bisa meringankan rasa sepi.
Anda juga bisa menawarkan diri sebagai relawan di lingkungan tempat ibadah, sekolah khusus, rumah singgah, yayasan, dan lain sebagainya.

Menulis

Entah kau menulis novel, cerpen, fiksi ataupun nonfiksi, menulis adalah salah satu cara yang baik untuk 'bicara' dengan dirimu sendiri. menulis juga adalah salah satu cara untuk berpikir tentang hidupmu dan apa yang ingin kau lakukan untuk mengubahnya.

Baca buku

Bagaimana kau bisa merasa sendirian ketika kau membaca tentang berlayar di lautan yang luas dengan banyak kru atau bertarung dengan raksasa buruk rupa di puncak Gunung Carnivorous?

Miliki hewan peliharaan

Apabila anda alergi terhadap anjing atau kucing, cobalah ikan atau kura-kura. menangani makhluk hidup lain akan membuat anda sadar bahwa di luar sana banyak sekali yang membutuhkan lebih dari yang anda butuhkan.

Nikmati keindahan alam

Sendiri tidak harus di dalam ruangan. pantai atau jalan terjal bisa menjadi pilihan luar biasa untuk menyegarkan diri anda sekaligus mengingatkan anda bahwa dunia ini memiliki banyak sekali kegembiraan yang belum pernah anda rasakan sebelumnya.

Terlibat dengan komunitas

Buat suatu tujuan, karena memiliki tujuan dan perasaan bahwa Anda terlibat dalam suatu komunitas tertentu akan membuat Anda tak sendiri. Cari tahu aktivitas yang akan melibatkan Anda ke dalam komunitas.

Bacalah suratkabar dan majalah sesering mungkin, untuk mencari konser musik, pameran budaya, dan seminar-seminar yang menarik untuk dihadiri. Ada banyak cara untuk terlibat dengan komunitas tertentu, yang memungkinkan Anda mendapat teman-teman baru.

Mencoba berinteraksi dengan orang lain

Emosi yang negatif seperti kesepian, iri hati, dan rasa bersalah, memainkan peran penting dalam mendapatkan kehidupan yang bahagia.
Emosi-emosi tersebut merupakan tanda yang penting bahwa sesuatu harus segera diubah. Sakitnya rasa sepi seharusnya mendesak Anda untuk segera berhubungan dengan orang lain.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar